Manfaat, Cara Kerja, Cara Pakai, dan Efek Samping Penggunaan Tretinoin Untuk Jerawat

Thirzaskin.comDalam dunia kecantikan, kamu mungkin sering mendengar yang namanya tretinoin. Tretinoin sendiri adalah salah satu obat untuk menghilangkan jerawat membandel yang ada di wajah. Kandungan vitamin A yang terdapat dalam tretinoin dipercaya menjadi zat ampuh untuk mempercepat proses penghilangan jerawat di wajah.

Selain menghilangkan jerawat, tretinoin juga mempunyai manfaat lain yang sangat baik untuk kulit wajah kamu. Penasaran kan dengan si tretinoin ini?Untuk lebih jelasnya mengenai tretinoin, baca penjelasannya di bawah ini:

Manfaat dan Kegunaan Tretinoin

Nama tretinoin mungkin sedikit asing bagi kamu yang kurang peduli dengan kesehatan kulit wajah. Padahal tretinoin memiliki banyak manfaat untuk kulit wajahmu. Berikut 4 manfaat tretinoin yang harus kamu tahu:

  1. Menghilangkan Jerawat

Salah satu masalah kulit yang paling ditakuti adalah jerawat. Wajar saja, timbulnya jerawat dapat merusak penampilan seseorang. Jerawat juga sering kali meninggalkan bekas yang sulit untuk dihilangkan. Namun, tretinoin dipercaya mampu menghilangkan jerawat yang ada di kulit kamu.

Proses penghilangan jerawat mungkin memakan waktu yang cukup lama. Apalagi untuk bekas jerawat yang sudah bertahun-tahun. Tetapi, pemakaian produk kecantikan yang mengandung tretinoin secara teratur ampuh mengangkat bekas jerawat. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi ya!

  1. Mencegah Penuaan Dini

Selain jerawat, tretinoin juga ampuh untuk mecegah penuaan dini. Seperti yang kita tahu, tanda-tanda penuaan akan muncul seiring dengan bertambahnya usia. Agar kulit wajah tetap mulus meski usia sudah tua, pakailah produk kecantikan yang mengandung tretinoin. Terutama untuk krim malam dan krim siang.

  1. Meningkatkan Kolagen

Kolagen merupakan salah satu protein yang terkandung di dalam tubuh manusia. Produksi zat ini cukup besar yaitu 30% dari seluruh protein yang ada di tubuh. Namun, produksi kolagen dapat berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini akan berdampak pada lapisan kulit, dimana kulit terlihat tua dan keriput.

Penggunaan krim anti-aging dan konsumsi suplemen yang mengandung tretinoin sangat dianjurkan untuk membantu proses pembentukan kolagen pada kulit. Karena kolagen dapat mencegah keriput dan membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

  1. Mengencangkan Kulit Wajah

Tretinoin membantu proses pengelupasan kulit wajah manusia. Tapi, tretinoin tidak menyebabkan jaringan kulit menipis, melainkan menebal alias meningkat. Kenapa? Karena tretinoin sendiri berfungsi untuk mengaktifkan kembali jaringan kulit yang sudah menua, serta mengganti jaringan kulit yang sudah tua ke jaringan kulit yang baru. Sehingga kulit wajah kamu terlihat kencang dan awet muda meskipun sudah berumur.

Cara Kerja Tretinoin

Pada awal pemakaian, tretinoin akan langsung bekerja untuk memperbaiki dan mengganti lapisan kulit. Masalah seperti kulit kemerahan dan pengelupasan kulit mungkin akan terjadi selama tretinoin diaplikasikan ke wajah. Namun, jangan khawatir. Begitulah cara kerja tretinoin pada kulit wajah. Aplikasikan tretinoin secara teratur untuk hasil yang maksimal. Jangan lupa untuk mengonsumsi air putih yang cukup dan tidur dengan teratur untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

Cara Pakai Tretinoin

Pemakaian tretinoin yang tepat sebenarnya sudah ada di buku panduan saat kamu membeli sebuah produk kecantikan. Bacalah buku panduan tersebut dengan seksama sebelum mengaplikasikan tretinoin ke kulit wajah.

Adapun cara pemakaian tretinoin secara umum, antara lain:

  • Pastikan tangan dan wajah dalam keadaan bersih terlebih dahulu
  • Tunggu 20 – 30 menit hingga kulit wajah mengering
  • Aplikasikan tretinoin secukupnya ke seluruh permukaan kulit wajah. Oleskan secara merata
  • Hindari pengolesan tretinoin ke daerah-daerah sensitif, seperti area mata, hidung, telinga, dan bibir

Apabila kamu memiliki tipe kulit sensitif, konsultasikan kepada dokter kecantikan atau apoteker terlebih dahulu sebelum pemakaian tretinoin. Karena kulit sensitif biasanya sangat rentan terhadap masalah kulit, seperti jerawat, flek hitam, dan wajah kemerahan.

Efek Samping Tretinoin

Di balik manfaat tretinoin yang sudah disebutkan di atas, ternyata tretinoin juga memiliki efek samping di kulit wajah. Efek samping ini akan muncul apabila pemakaian tretinoin tidak sesuai dosis yang sudah dianjurkan. Adapun efek sampingnya, seperti: kulit kering, kulit kemerahan, bengkak, iritasi, kulit terkelupas, dan gatal-gatal.

Itu dia informasi mengenai tretinoin yang harus kamu tahu. Intinya, pemakaian tretinoin harus sesuai dengan dosis yang sudah ditentukan untuk hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *