6 Tips Menggunakan Produk Kecantikan Bagi Ibu Hamil

Thirzaskin.com – Tingkat kekhawatiran para wanita saat masa kehamilan datang lebih tinggi dua atau tiga kali lipat dari biasanya. Hal ini wajar, mengingat tubuh perlahan-lahan akan membengkak, penampilan pun sedikit berubah saat masa kehamilan. Meski sedang hamil, para wanita bisa tetap terlihat cantik menawan dengan menggunakan produk kecantikan.

Namun, wanita harus lebih teliti dalam memilih produk kecantikan di masa kehamilan. Sebab, banyak kosmetik yang mengandung bahan-bahan kimia. Supaya lebih aman, berikut 6 tips menggunakan produk kecantikan bagi ibu hamil.

  1. Lipstik

Penggunaan lipstik sangat disarankan agar wajah tampak lebih segar alias tidak pucat. Namun, lisptik mengandung beberapa zat pengawet yang tidak bagus untuk kesehatan ibu hamil. Pilihlah jenis lipstik yang tidak mengandung timbal. Sebab, kandungan timbal bersifat racun. Apabila bumil tidak sengaja menjilat bibir yang dipakaikan lipstik berbahan timbal, yang ada bumil akan keracunan. Hal ini tentu saja tidak baik untuk kesehatan bumil, juga kesehatan bayi yang ada di kandungan.

2. Parfum

Semprotan parfum dengan wangi aduhai tentu akan meningkatkan rasa percaya diri, terutama bagi bumil. Namun, bahan-bahan pembuatan parfum juga tidak terlepas dari bahan kimia. Usahakan pakai parfum yang mengandung bahan alami, misalnya ekstrak bunga melati, orchid, dan lainnya. Karena parfum berbahan alami sangat aman dan tidak akan menimbulkan iritasi saat disemprotkan ke kulit. Selain itu, parfum berbahan alami juga lebih tahan lama. Jadi, bumil tidak perlu menyemprotkan parfum berulang-ulang. Sekali pakai, wanginya akan tahan selama berjam-jam.

3. Pewarna Rambut

Agar selalu tampil cantik, banyakbumil yang mengubah penampilan saat masa kehamilan. Salah satu contohnya adalah mewarnai rambut. Namun, tidak semua pewarna rambut itu aman. Hindari pewarna rambut yang mengandung bahan amonia. Warna yang dihasilkan memang bagus, tapi bisa menyebabkan bumil mual-mual.

Sebelum mengecat rambut, alangkah baiknya jika bumil berkonsultasi lebih dulu ke dokter untuk hasil cat rambut yang bagus dan tentunya terhindar dari efek samping di kemudian hari.

4. Krim Pemutih

Kebanyakan orang Indonesia memiliki warna kulit kuning langsat atau kecoklatan. Hal ini disebabkan karena iklim tropis yang ada di Indonesia. Agar kulit terlihat lebih bersih dan kinclong, tak sedikit wanita yang menggunakan krim pemutih, termasuk ibu hamil.

Selama masa kehamilan, ada baiknya jika pemakaian krim pemutih dihentikan untuk sementara waktu. Bukannya apa-apa, efek merkuri pada krim pemutih tidak baik untuk kesehatan janin. Biarlah wajah memiliki bopeng, flek hitam, ataupun noda jerawat. Yang terpenting, wajah tetap sehat.

5. Vitamin Rambut

Selain menjaga kecantikan kulit, bumil juga peduli dengan kesehatan rambutnya. Berbagai macam treatment dioleskan ke rambut agar rambut tetap terlihat berkilau, sehat, dan lebat. Tapi balik lagi, bahan-bahan yang ada di dalam vitamin rambut tidak bagus untuk ibu hamil karena bahan dasar yang digunakan untuk vitamin rambut sangatlah keras.

Agar kesehatan ibu dan jabang bayi yang ada di dalam kandungan tetap sehat, hentikan pemakaian vitamin rambut untuk sementara waktu. Usai melahirkan, Anda bisa menggunakan segala jenis vitamin dan treatment rambut lainnya untuk mengembalikan kilau dan kesehatan rambut.

6. Cat Kuku atau Kuteks

Memoles kuku dengan kuteks atau cat kuku sering dilakukan para wanita untuk mempercantik penampilan. Tapi, ada kandungan di dalam cat kuku yang tidak baik untuk kesehatan yaitu phthalates. Kandungan ini tidak hanya berbahaya bagi kesehatan bumil, tapi juga sangat berbahaya bagi kesehatan jabang bayi yang ada di dalam kandungan. Sebab, zat phthalates dapat menyebabkan bayi lahir cacat.

Oleh sebab itu, pilih lah cat kuku yang mengandung bahan yang aman untuk kesehatan, baik kesehatan bumil maupun kesehatan jabang bayi.

Merawat kecantikan di masa kehamilan memang penting. Akan tetapi, perhatikan bahan-bahan yang terkandung di dalam bahan kecantikan tersebut. Jangan sampai bahan-bahan kimia yang terdapat di dalamnya mengganggu kesehatan, sehingga Anda dan bayi yang lahir tetap dalam kondisi sehat selalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *