Buat Pemula, Lakukan Tips Ini Agar Pemakaian Maskara Tidak Belepotan

Thirzaskin.com – Kaum hawa melakukan berbagai cara untuk mempercantik penampilannya, salah satunya dengan menggunakan make up. Tampil cantik di setiap kesempatan menjadi kebanggaan tersendiri karena membuat seorang wanita bisa melangkah dengan percaya diri. Kecantikan itu sendiri tidak hanya dari polesan wajah saja, tapi juga polesan mata. Mata yang didandan sedemikian rupa akan memunculkan kesan tersendiri yang membuat penampilan wanita lebih menarik, misalnya dengan menggunakan maskara.

Akan tetapi, penggunaan maskara tidak semudah yang kita lihat. Tak jarang maskara malah belepotan yang membuat penampilan menjadi jelek. Nah, buat kamu yang kurang pandai memakai maskara, kami punya tipsnya supaya maskara kamu tidak meluber kesana-kemari.

  1. Rapikan bulu mata terlebih dahulu

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah merapikan bulu mata terlebih dahulu dengan menggunakan alat khusus yang bisa kamu beli di toko kosmetik. Dengan alat ini, bulu mata kamu pun akan terpisah antara satu dengan yang lain sehingga saat maskara diaplikasikan, maskara tidak menggumpal di satu tempat saja.

  1. Jepit bulu mata pakai penjepit bulu mata

Penjepit bulu mata tidak bisa dinggap remeh ya! Menggunakan penjepit bulu mata bisa memberikan efek lentik pada bulu mata. Bulu mata yang tadinya ‘lemes’ pun bisa terangkat secara sempurn. Kalau bulu kata sudah lentik, kamu bisa mengaplikasikan maskara sehingga bulu matamu terlihat lebih sempurna. Akan tetapi, kamu harus lebih berhati-hati ya saat menggunakan penjepit bulu mata agar bulu mata tidak rontok.

  1. Poles maskara dari akar lebih dulu

Tampilan bulu mata yang kurang sempurna bisa disebabkan karena pemolesan maskara yang tidak tepat. Mulailah dari akar bulu mata terlebih dahulu, lalu tarik ke bagian atas bulu mata. Lakukan hal ini berulang-ulang pada kedua mata sampai bulu matamu terlihat lentik dan tebal. Saat mengaplikasikan maskara, angkat dagumu terlebih dahulu agar proses pemolesan dari akar bulu mata jadi lebih mudah.

  1. Poles maskara di bulu mata bagian bawah

Kesalahan yang sering dilakukan pemula adalah mengabaikan pemakaian maskara di bulu mata bagian bawah. Padahal, bulu mata bagian bawah juga harus diolesi maskara untuk mendapatkan kesan mata yang lebih intens dan tajam. Jika bulu mata bagian bawah milikmu sangat tipis, oleskan maskara secara perlahan agar tidak mengenai bagian bawah mata.

  1. Ulangi langkah 3 dan 4 untuk memberikan efek tebal

Memoles bulu mata bagian atas sudah, memoles bagian bawah juga sudah, sekarang tinggal mengulang langkah 3 dan 4 untuk menambah efek bulu mata tebal. Oleskan secara berulang-ulang tapi jangan sampai menggumpal dan ketebalan ya karena akan membuat matamu terlihat aneh dan menyeramkan.

  1. Pilih sikat maskara yang sesuai

Ini dia yang tidak kalah pentingnya yaitu memakai produk maskara yang sesuai. Jadi, ada dua tipe maskara yang dijual di toko kosmetik yaitu maskara yang memberikan efek tebal dan maskara yang memberikan efek panjang. Jika kamu ingin bulu mata yang terkesan lebih tebal, kamu bisa membeli sikat maskara yang berbentuk horizontal, back, dan forth. Jika kamu ingin bulu mata kelihatan lebih panjang, kamu bisa memakai sikat maskara yang berbentuk vertikal.

  1. Pilih maskara yang waterproof

Kebanyakan maskara yang dijual di toko kecantikan sudah dilabeli dengan embel-embel waterproof alias tahan air. Bukan hanya pemula saja yang membutuhkan maskara ini, tapi juga para MUA profesional. Maskara yang waterproof tahan lebih lama dibandingkan maskara yang tidak waterproof. Ketahanannya bisa mencapai 7 – 8 jam.

Itu dia tips memakai maskara buat para pemula. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Artikel ini membahas:

  • cara memakai maskara mata