6 Penyebab Munculnya Jerawat di Punggung dan Cara Mengatasinya

Thirzaskin.com – Jerawat yang selama ini muncul di wajah ternyata juga bisa muncul di punggung. Produksi jerawat di punggung juga lebih besar dibandingkan jerawat di wajah. Jerawat yang ada di punggung memang tidak kelihatan dan langsung merusak penampilan, tapi jerawat ini dapat membuat kita kurang pede saat berenang. Karena bagaimanapun juga, kita harus menunjukkan bagian punggung saat berenang.

Apa yang menyebabkan kemunculan jerawat di punggung? Berikut akan dibahas 6 penyebab munculnya jerawat di punggung.

  1. Produksi Keringat yang Berlebih

Penyebab munculnya jerawat di punggung yang pertama adalah akibat produksi keringat yang berlebih. Produksi keringat akan membuat punggung menjadi lembab, sehingga jerawat pun muncul dengan sendirinya.

Setelah selesai berolahraga, lap lah keringat yang bercucuran di tubuh agar tubuh tidak terinfeksi oleh debu dan kotoran yang ada di luar. Setelah itu, Anda bisa mandi agar tubuh menjadi bersih kembali.

  1. Penggunaan Tas Punggung

Memakai tas punggung bukanlah menjadi pemicu utama terjadinya jerawat di punggung. Akan tetapi, terlalu sering memakai tas tipe ini akan menghambat produksi keringat sehingga jerawat muncul secara perlahan.

Boleh saja memakai tas punggung asalkan Anda menyesuaikan berat beban yang dibawa. Hindari untuk membawa beban yang terlalu berat karena akan membuat kulit jadi lebih sulit untuk bernapas.

  1. Kebiasaan Mandi Saat Berkeringat

Mandi adalah aktivitas yang paling menyenangkan setelah selesai berolahraga. Dengan mandi, tubuh pun terasa lebih segar. Akan tetapi, mandi saat tubuh masih keringatan malah menjadi penyebab timbulnya jerawat di punggung. Selain itu, besar kemungkinan tubuh akan terkena panu.

Ada baiknya untuk menunggu tubuh kering terlebih dahulu sebelum beranjak mandi. Lap tubuh Anda supaya keringat lebih cepat kering.

  1. Memakai Pakaian Ketat

Memakai pakaian ketat membuat penampilan seseorang terlihat seksi dan menawan, apalagi kalau lekuk tubuhnya bagus. Akan tetapi, pakaian ketat dapat menimbulkan jerawat di punggung. Sebab, pakaian ketat dipercaya dapat menyebabkan kotoran tetap tinggal di bagian tubuh, terutama saat selesai berolahraga.

Oleh sebab itu, kurangi pemakaian baju-baju ketat. Pilih lah baju yang sedikit longgar agar kulit bisa bernapas dengan baik. Kotoran yang menempel pun jadi lebih mudah dibersihkan.

  1. Kuman yang Menempel di Sprei

Sadar atau tidak, sprei menjadi salah satu sarang menumpuknya kuman dan kotoran. Tidur tanpa menggunakan sehelai pakaian akan membuat kotoran tersebut menempel di tubuh, sehingga terjadilah jerawat. Sebelum tidur, alangkah baiknya untuk membersihkan sprei terlebih dahulu. Sehingga bakteri tidak lagi menempel di sprei, tidur pun jadi lebih nyaman.

  1. Pemakaian Kondisioner ke Tubuh

Kondisioner yang biasanya dipakai dirambut juga dapat menyebabkan munculnya jerawat di tubuh. Kandungan silikon yang ada pada kondisioner ini lah yang dapat memicu terjadinya jerawat. Oleh sebab itu, hindari pemakaian kondisioner ke bagian tubuh. Alangkah baiknya untuk mengganti kondisioner dengan sabun yang mengandung vitamin supaya tubuh jadi lebih sehat.

Cara Mengatasi Jerawat di Punggung

  1. Mandi yang Bersih

Pada dasarnya, jerawat di punggung muncul karena Anda kurang menjaga kebersihan tubuh. Mulai dari sekarang, jaga kebersihan tubuh Anda dengan mandi secara rutin. Tidak hanya sekedar mandi saja ya, tapi gosok bagian tubuh sampai benar-benar bersih agar kuman dapat terangkat secara menyeluruh.

  1. Rajin Luluran

Luluran sangat baik untuk menutrisi kulit, juga baik untuk mengatasi jerawat di punggung. Kalau bisa, luangkan waktu Anda untuk luluran sejenak. Lakukan setidaknya satu kali dalam dua minggu untuk menghindari kemunculan jerawat di punggung sekaligus merawat kulit agar tetap sehat.

  1. Gunakan Kulit Jeruk

Kandungan Vitamin C yang ada pada kulit jeruk ternyata bagus untuk mencegah munculnya jerawat di kulit. Setelah makan jeruk, alangkah baiknya bila kulitnya tidak dibuang begitu saja. Gunakan kulit jeruk untuk menghilangkan jerawat di punggung. Caranya dengan menggosok-gosok kulit jeruk ke punggung yang berjerawat. Setelah itu, mandilah agar sisa kulit jeruk tidak menempel di tubuh.

Itu dia penyebab munculnya jerawat di punggung dan cara mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat, terutama bagi Anda yang sedang berusaha untuk menghilangkan jerawat di punggung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *