Apa Itu Suntik Botox, Biaya, Manfaat, dan Efek Samping

Thirzaskin.com – Di dalam dunia kecantikan, istilah suntik botox pasti sudah tidak asing lagi. Suntik botox sendiri sudah ada sejak tahun 1980, tapi popularitasnya baru menanjak drastis pada tahun 2000-an. Wanita yang dulu menggunakan krim anti-aging untuk menghilangkan kerutan dan penuaan di wajah kini sudah beralih ke suntik botox. Sebab, sunti botox lebih praktis, hasilnya pun dua kali lipat lebih bagus ketimbang menggunakan krim anti-aging.

Namun, suntik botox tidak dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama. Untuk lebih jelasnya mengenai suntix botox, akan dibahas di bawah ini.

Apa Itu Suntik Botox?

Suntik botox adalah salah satu metode penyuntikan di wajah untuk menghambat proses penuaan di wajah. Cairan suntik yang digunakan yaitu toksin yang berasal dari bakteri bernama Clostridium Botulinum. Dengan penggunaan yang pas, bakteri ini mampu menyingkirkan kerutan secara menyeluruh tanpa efek samping.

Cairan yang digunakan dalam suntik botox dapat bertahan selama 3 – 12 bulan, tergantung jenis perawatan yang dipilih oleh masing-masing individu.

Apa Manfaat Suntik Botox?

Seperti yang sudah disinggung di atas, suntik botox sangat bagus untuk menyingkirkan penuaan dan kerutan yang ada di kulit wajah. Wanita yang sudah berumur 40 tahun ke atas biasanya memilih suntik botox untuk menyamarkan kerutan agar wajah tetap terlihat cantik dan awet muda.

Dengan suntik botox, otot di wajah yang memicu terjadinya kerutan dapat berhenti berkontraksi. Sehingga kerutan tersebut tidak akan muncul untuk beberapa saat (misalnya 3 bulan). Karena pertumbuhan kerutan sudah dihambat oleh bakteri Clostridium Botulinum tadi.

Berapa Biaya untuk Suntik Botox?

Biaya untuk suntik botox tergantung dari jumlah suntikan yang ada dilakukan di wajah. Satu suntik botox biasanya diharga sekitar Rp 100.000. Kalau Anda ingin menyuntik 13 bagian wajah, itu berarti Anda perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 1.300.000. Begitu seterusnya.

Biaya perawatan yang dikeluarkan sebenarnya tergantung dari kebutuhan masing-masing. Jika Anda ingin melakukan perawatan lain, seperti suntik filler, Anda harus menyiapkan kocek sebesar Rp 4,5 juta – Rp 10 juta. Biaya yang dikeluarkan juga tergantung dari klinik kecantikan yang dipilih saat perawatan. Apabila klinik kecantikan berkualitas dan memiliki popularitas yang baik, biaya yang dikeluarkan tentu lebih mahal dibandingkan biaya yang sudah disebutkan di atas.

Efek Samping Suntik Botox

“cantik itu sakit, cantik itu mahal”. Kalimat ini benar adanya. Saat melakukan suntik botox, Anda harus siap menahan rasa peri akibat jarum suntik yang disuntik di wajah. Di balik rasa nyeri tersebut, pemakai suntik botox juga harus siap menanggung segala jenis risiko yang mungkin terjadi apabila terjadi salah suntik di bagian wajah.

Adapun efek samping yang biasa terjadi setelah suntik botox, antara lain:

  1. Efek Ringan
  • Pasien mengalami flu selama beberapa minggu
  • Lebih mudah mengantuk dan merasa lemas
  • Otot wajah yang disuntik mengalami memar kecil-kecilan
  • Kulit gatal dan berubah menjadi warna kemerahan
  • Sering pusing tidak jelas
  1. Efek Berat
  • Rasa pusing yang tidak tertahankan
  • Kelopak mata terasa berat dan sulit untuk dibuka
  • Mata tiba-tiba suka berair atau mata kering
  • Bibir miring yang mengakibatkan senyum tidak sempurna
  • Bentuk alis jadi tidak sejajar atau tidak simetris
  • Otot-otot tubuh mulai melemah
  • Sulit menelan dan berbicara
  • Memiliki gangguan pada bagian pernapasan

Itu dia informasi yang perlu Anda tahu mengenai suntik botox. Meskipun hasilnya memuaskan, tapi Anda harus siap menanggung segala efek samping yang ‘mungkin’ akan terjadi apabila penyuntikan dilakukan secara berlebihan ataupun salah suntik. Semoga bermanfaat!

Artikel ini membahas:

  • suntik jerawat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *