Manfaat Sunblock untuk Kulit dan Cara Memakainya

Thirzaskin.com – Dalam menjalani rutinitas sehari-hari, kita sering terkena paparan sinar matahari langsung yang dapat membahayakan kesehatan kulit. Untuk melindungi kulit, kita sering mengaplikasikan sunblock ke seluruh permukaan kulit. Sunbclock adalah krim yang dioleskan ke seluruh kulit agar kulit tetap sehat dan terlindung dari berbagai penyakit kulit.

Untuk lebih jelasnya, baca uraian di bawah ini.

Manfaat Sunblock untuk Kulit
  1. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Seperti yang kita tahu, sinar matahari atau UV sangat berbahaya bagi kesehatan kulit. Kulit yang terlalu sering terkena paparan sinar matahari langsung akan menimbulkan beberapa penyakit. Itulah mengapa pengaplikasian sunblock sangat diperlukan agar kesehatan kulit tetap terjaga.

  1. Mencegah kerusakan jaringan kulit

Kulit yang terlalu sering terkena paparan sinar matahari langsung berdampak pada rusaknya jaringan pada kulit. Tidak hanya jaringan permukaan (epidermis) saja, tapi juga jaringan kulit yang lebih dalam. Rusaknya jaringan kulit biasanya disebabkan karena intensitas cahaya yang terlalu tinggi dalam jangka waktu yang cukup lama. Namun, pengaplikasian sunblock dapat mencegah rusaknya jaringan kulitmu.

  1. Menjaga warna kulit

Selain merusak jaringan, paparan sinar matahari langsung juga mengakibatkan perubahan pada warna kulit. Kulit yang dulunya putih dan mulus bisa berubah menjadi gosong dan kering akibat sinar matahari. Agar warna kulit tetap sama seperti dulu, aplikasikan sunblock secara teratur sebelum memulai aktivitas. Apalagi jika Anda seharian berada di lapangan.

  1. Mencegah penuaan dini

Penuaan dini tidak hanya disebabkan karena umur, tapi juga karena paparan sinar matahari langsung. Untuk mencegah penuaan dini, Anda dapat mengaplikasikan sunblock ke seluruh permukaan kulit setiap harinya. Menurut penelitian, sebanyak 60% orang yang menggunakan sunblock berhasil menyelamatkan kulitnya dari penuaan dini.

  1. Mencegah kulit gosong

Intensitas cahaya matahari yang terlalu tinggi dapat membuat kulit menjadi gosong. Siapa yang mau warna kulitnya gosong? Tidak ada satu orangpun. Jika warna gosongnya bagus dan merata masih mending. Kalau warna kulitmu belang-belang, gimana? Maka dari itu, jangan lupa mengaplikasikan sunblock kemanapun Anda pergi.

  1. Menjaga kelembaban kulit

Sinar UV membuat kulit menjadi kusam, kering, dan kasar. Untuk mengembalikan kelembaban kulit, Anda bisa menggunakan sunblock secara teratur. Aplikasikan setiap hari, terutama untuk aktivitas di luar lapangan.

  1. Mencegah terjadinya penyakit kanker

Kanker kulit merupakan salah satu penyakit yang dapat disebabkan oleh sinar UV. Kulit yang terlalu sering terkena intensitas cahaya tinggi sangat rentan terhadap penyakit kanker. Namun, penggunaan sunblock dipercaya dapat melindungi lapisan kulit dari paparan sinar UV. Sehingga kulitmu tetap sehat dan terhindar dari kanker.

Tips Memilih Sunblock yang Bagus

Cara Memakai Sunblock yang Baik dan Benar
  1. Oleskan ke seluruh area wajah

Sebelum mengaplikasikan make up, aplikasikan sunblock ke seluruh area wajah, kecuali di daerah mata dan mulut. Oleskan sunblock sedikit demi sedikit sampai merata untuk hasil yang memuaskan. Gunakan sunblock secukupnya. Jangan terlalu sedikit karena tingkat perlindungan kulit menjadi kurang maksimal. Namun, jangan juga terlalu banyak karena nantinya hasil make up jadi kurang maksimal.

  1. Diamkan sebentar

Setelah mengoleskan sunblock secara merata, jangan langsung aplikasikan make up ya. Biarkan sunblock kering terlebih dahulu. Tunggu kira-kira 5 – 7 menit (sesuai kebutuhan) sampai sunblock benar-benar meresap ke lapisan inti kulit.

  1. Aplikasikan make up

Sebelum mengaplikasikan make up, pastikan sunblock yang Anda oleskan di wajah benar-benar sudah kering. Setelah itu, aplikasikan satu per satu make up ke wajah. Pemakaian sunblock dapat menggantikan fungsi face primer dan bedak padat. Itu artinya, Anda tidak perlu memakai bedak padat terlalu banyak karena membuat hasil make up seperti topeng. Untuk hasil make up natural, gunakan make up secukupnya sesuai dengan kebutuhan.

  1. Hapus make up

Setelah dua atau tiga jam pemakaian, oleskan kembali sunblock ke seluruh wajah. Namun, sebelum pemakaian untuk kedua kalinya, Anda perlu menghapus make up terlebih dahulu. Setelah itu, oleskan sunblock seperti semula dan gunakan make up di wajah.

Dalam satu hari, Anda perlu melakukan hal ini 2 – 3 kali, tergantung kebutuhan dan lama Anda bekerja di kantor.

Anda yang mengidam-idamkan kulit mulus dan sehat wajib menggunakan sunblock setiap hari. Mengingat sunblock kaya akan manfaat, juga mudah untuk diaplikasikan ke kulit.