Macam-macam Jenis Penyakit Kulit dan Cara Mengobatinya

Thirzaskin.com – Penyakit kulit merupakan salah satu gangguan kesehatan yang membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Penyakit ini menjadi hal yang dihindari masyarakat karena memang penyebaran dari penyakit kulit ini karena kebersihan dari penderitanya. Ada berbagai jenis penyakit kulit di Indonesia menjadikan negara ini sebagai salah satu negara yang memiliki tingkat kesehatan yang buruk dengan lingkungan yang buruk pula. Hal ini harus segera ditangani oleh pemerintah yang mana masyarakatnya juga ikut bertanggung jawab atas kondisi ini. Berbagai macam gangguan kulit yang umum menjangkit masyarakat diantaranya bisul, kurap, kudis, jerawat, herpes, campak, cacar, panu, kutil, lepra dan sebagainya. Walaupun ada cara mengobati penyakit kulit ini namun tidak banyak orang yang mulai berbenah diri dengan lingkungan sekitar maupun kesehatannya sendiri. Hal ini sering disepelekan oleh mereka dan seringkali menyalahkan pemerintah itu sendiri.

Selain mengetahui cara mengobati gangguan kesehatan kulit, kita juga sebaiknya mengetahui apa saja penyebab dari munculnya penyakit tersebut. Penyebab dari gangguan kesehatan kulit ini bisa dihindari dengan berbagai cara tergantung dari penyakitnya. Semua usaha yang dilakukan oleh pemerintah juga sering dilakukan bahkan menjadi salah satu kebiasaan bagi warganya, Namun banyak pula yang tidak mengetahui dan bahkan menjadikan tindakan preventif tersebut sebagai bualan semata. Sikap dan kondisi Indonesia ini juga perlu diperhatikan karena memang hal tersebut terjadi karena dari pemerintah itu sendiri. Nah, untuk Anda yang ingin mengetahui apa saja penyebab dan juga cara mengobati gangguan kesehatan kulit bisa menyimak ulasan kali ini.

Macam-macam Penyakit Kulit yang Umum Terjadi dan Cara Mengobatinya

  1. Bisul

Bisul

Bisul merupakan salah satu penyakit kulit yang terjadi pada area wajah, leher, bahu, dan juga bokong. Gangguan kesehatan ini timbul dengan benjolan merah pada kulit yang biasanya berisi nanah dan terasa sakit. Benjolan ini muncul karena infeksi bakteri sehingga memicu inflamasi pada folikel rambut. Bisul juga terjadi karena penderitanya tidak menjaga kesehatan dengan baik serta pola hidup yang tidak sehat. Faktor lingkungan juga sangat berpengaruh pada munculnya bisul.

Cara mengobati bisul yaitu secara medis atau obat alami. Pengobatan alami yang bisa dilakukan yaitu mengompres bagian tubuh yang terdapat bisul dengan air hangat. Untuk melakukannya bisa dilakukan tiga kali sehari. Hal ini dilakukan untuk mengurangi rasa sakit dan juga mengeluarkan nanah pada bisul tersebut.

  1. Kurap

Kurap

Kurap juga salah satu penyakit kulit yang sangat mengganggu dan disebabkan oleh jamur. Biasanya penyakit ini menyerang bagian kuku, tubuh bagian atas dan juga selangkangan kaki.Tidak hanya orang dewasa saja, anak-anak juga sering terjangkit penyakit yang satu ini. Gejala dari penyakit yang satu ini yaitu timbulnya ruam berwarna merah yang berbentuk melingkar dan terasa sangat gatal. Untuk mengobati penyakit yang satu ini bisa dilakukan dengan obat anti-jamur berupa salep yang bisa dibeli di apotik sekitar rumah kalian. Apabila dirasa kurap tersebut mengganggu dan tidak bisa sembuh dengan salep tersebut maka lebih baik untuk datang ke dokter sehingga bisa diatasi lebih lanjut. Khusus untuk kurap yang terjadi di daerah kepala maka gunakanlah shampo khusus kurap.

  1. Kudis

Kudis

Penyakit kulit lainnya yang juga menjadi salah satu ancaman bagi kita yaitu kudis. Walaupun bukan penyakit yang berbahaya tetapi jenis penyakit ini membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Kudis disebabkan karena hewan kecil yang bernama tungau yang mana menggali lubang pada bagian kulit manusia. Kudis ini sering menjangkit lansia dan juga anak-anak yang mana tinggal di daerah yang kumuh atau tidak sehat. Pengobatan kudis ini bisa dilakukan dengan cara obat-obatan dari dokter. Obat yang biasa disarankan dokter yaitu Premethrin, lindane, dan crotamiton. Jenis obat oles ini bisa bertahan sekitar 8jam.

  1. Jerawat

Jerawat

Jerawat merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang hampir dialami oleh setiap orang. Gangguan kesehatan yang satu ini muncul akibat penimbunan folikel yang tersumbat dan munculnya sebum. Penyakit yang satu ini memang tidak parah tetapi menjadi salah satu penyakit yang sangat mengganggu karena muncul pada bagian wajah dan meninggalkan bekas hitam. Cara mengobati penyakit kulit ini bisa dilakukan dengan pengobatan medis ataupun dengan bahan alami seperti penggunaan masker timun, tomat secara rutin.

  1. Herpes

Herpes

Penyakit Herpes adalah penyakit menular yang menyebabkan peradangan pada kulit bagian luar. Tanda-tanda penyakit ini yaitu munculnya ruam merah dan juga gelembung-gelembung yang berisi air dan berkelompok. Kondisi yang ditimbulkan dari herpes ini yaitu kulit terasa panas, gatal dan bisa menular pada bagian lain ada kulit. Faktor yang menyebabkan penyakit kulit ini muncul yaitu karena berdekatan dengan orang yang mempunyai riwayat penyakit Herpes. Kemudian berhubungan intim dengan penderita penyakit Herpes, udara yang kotor (melalui virus), kulit yang terluka, penyakit cacar, dan juga karena daya tahan tubuh melemah. Cara mengobatinya bisa dengan bahan alami seperti kunyit, bawang putih, daun dewa dan masih banyak lainnya.

  1. Campak

Campak

Penyakit campak merupakan salah satu gangguan kesehatan kulit yang sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian apabila tidak segera diatasi dengan baik. Penyakit ini disebabkan karena Virus rubeola. Untuk cara mengobati gangguan kesehatan kulit ini bisa dengan minum air putih yang banyak untuk mencegah dehidrasi. Selain itu perbanyak istirahat dan hindari sinar matahari. Apabila terjadi komplikasi maka segera datang ke dokter agar penderita segera ditangani.

  1. Cacar

Cacar

Penyebab cacar air yaitu Varicella Zoster. Cacar air ini biasanya menyerang anak-anak yang berusia 3-5 tahunan. Gejala awal, penderita cacar air biasanya ditandai dengan badan yang sedikit demam, lemah, lesu, dan disertai pilek. Untuk mengobatinya bisa dengan cara jus buah mengkudu, temulawak yang dicampur dengan kencur, dan juga asam jawa. Obat tradisional ini bisa dikonsumsi sebanyak 2-3 kali sehari.

  1. Panu

Panu

Timbulnya penyakit ini disebabkan oleh jamur Pityrosporum ovale yang memunculkan gradasi warna kulit yang berbeda yaitu putih. Penyakit panu ini bisa diatasi dengan bahan alami seperti lengkuas, bawang putih, jeruk nipis. Cara penyembuhannya dilakukan dengan cara mengoleskannya pada bagian kulit yang terkena panu.

  1. Kutil

Kutil

Kutil disebabkan oleh infeksi virus HPV (Human Pappiloma Virus) yang mana permukaan kulitnya semakin menebal. Kutil ini memiliki bentuk yang bundar dan keras pada bagian kulit sehingga banyak orang suka sekali menggaruknya tanpa sadar. Untuk mengobatinya bisa dengan kulit pisang, kapur sirih yang dioleskan pada bagian kulit yang mengalami gangguan kulit yang satu ini.

  1. Lepra

Lepra

Dan yang terakhir yaitu penyakit lepra atau lebih dikenal kusta. Jenis penyakit kulit ini timbul karena munculnya bakteri Mycobacterium leprae yang menyebabkan infeksi kronis pada kulit. Cara mengobati penyakit kulit ini bisa diobati dengan obat apotek sesuai dengan resep dokter yaitu dapson, klofazimin, dan juga rifampin. Jenis penyakit ini bisa menular melalui udara yang mana lingkungan yang kotor juga ikut berpengaruh besar.

Itulah tadi macam-macam penyakit kulit yang umum terjadi di masyarakat. Selalu jaga kebersihan lingkungan dan tubuh Anda agar terhindar dari penyakit tersebut. Semoga bermanfaat.

Artikel ini membahas:

  • jenis penyakit kulit
  • macam macam penyakit kulit
  • macam penyakit kulit
  • penyakit kulit dan obatnya
  • kumpulan jenis penyakit kulit dan obatnya
  • jenis penyakit kulit dan obatnya
  • penyakit kulit
  • jenis jenis penyakit kulit
  • macam-macam penyakit kulit dan car mengobatinya
  • macem macam penyakit kulit