Kenali 7 Tanda-Tanda Kanker Kulit dan Cara Mencegahnya

Thirzaskin.com – Memiliki kulit yang sehat adalah dambaan semua orang. Berbagai perawatan rutin pun dilakukan untuk mewujudkan keinginan ini. Namun, perawatan yang terlalu esktrim justru membuat kulit rusak, bukan makin bagus. Bahkan ada beberapa perawatan yang menyebabkan kanker kulit. Mengapa demikian?

Baca : 7 Bahan Kosmetik Bahaya Kanker

Penyakit kanker kulit biasanya disebabkan karena metode perawatan dan obat-obatan yang tidak sesuai standar kecantikan. Sebelum benar-benar didiagnosa mengidap penyakit kanker kulit, ada beberapa tanda yang sering muncul. Antara lain:

  1. Muncul bercak pada kulit

Kanker kulit biasanya ditandai dengan munculnya bercak-bercak pada sebagian atau seluruh permukaan kulit. Pada umumnya, bercak ini berbentuk lingkaran kecil berwarna hitam atau kecoklatan. Lama-kelamaan, bercak-bercak ini juga akan melebar. Apalagi kalau terlalu sering terkena paparan sinar matahari langsung.

Apabila hal ini terjadi, Anda perlu berobat ke dokter. Pemberian obat yang tepat dan penanganan yang cepat akan membuatproses penyembuhan semakin mudah.

  1. Permukaan kulit bersisik

Permukaan kulit bersisik sering terjadi karena kulit terlalu kering, sehingga permukaannya seperti kulit ular. Namun, kulit bersisik tidak boleh dianggap remeh karena bisa jadi gejala awal timbulnya penyakit kanker kulit. Hal ini disebabkan karena lapisan kulit yang terlalu tipis dan sulit bergenerasi. Sehingga permukaan yang sudah rusak akan berbekas dan sulit disembuhkan.

  1. Bibir kering

Bibir kering biasanya disebabkan karena tubuh kekurangan air, vitamin, kurangnya kelembapan bibir, dan terlalu sering terkena paparan sinar matahari. Namun, kasus bibir kering juga merupakan gejala awal terjadinya penyakit kanker kulit. Jika dibiarkan terlalu lama, maka bibis akan mengelupas dan sulit diobati.

Untuk mengatasi hal ini, segera berobat ke dokter untuk mendapatkan pananganan lebih lanjut. Selain itu, perbanyak konsumsi vitamin, khususnya vitamin C yang sangat baik untuk mengobati bibir kering dan pecah-pecah.

  1. Terdapat benjolan

Benjolan yang ada pada kulit juga tidak boleh dianggap enteng karena menjadi tanda-tanda penyakit kanker kulit.  Bentuk benjolannya pun beranekaragam, ada yang berbentuk beraturan (simetris), ada juga yang tidak rata. Warna dari setiap benjolan juga berbeda-beda, ada yang gradiasi, gelap, dan berwarna kecoklatan.

Selain itu, ukuran benjolan juga semakin lebar seiring bertambahnya waktu. Jika dibiarkan terlalu lama, yang ada penyakit kanker kulit akan naik ke stadium paling atas dan susah disembuhkan. Jika ini terjadi, maka resiko terburuknya adalah ancaman kematian.

  1. Rasa gatal disertai rasa nyeri

Gatal-gatal menjadi penyakit kulit biasa. Namun, berubah jadi penyakit kanker kulit jika rasa gatalnya disertai rasa nyeri yang tidak berkesudahan. Rasa gatal biasa timbul akibat goresan pada kulit, luka ringan, maupun luka berat. Kulit yang mengalami luka juga sulit untuk disembuhkan, aliran darahnya juga sulit untuk berhenti.

  1. Terjadi perubahan warna kulit di area tertentu

Tanda-tanda selanjutnya ialah terjadi perubahan warna kulit di area tertentu. Misalnya di area siku atau pergelangan tangan. Hal ini biasanya disebabkan karena kulit terlalu banyak menerima paparan sinar matahari langsung. Akibatnya muncul bercak-bercak keputihan yang mirip seperti kulit terkelupas.

Jika hal di atas terjadi, segera berobat ke dokter. Jangan menganggap perubahan warna kulit disebabkan karena panu atau penyakit kulit lainnya. Daripada menerka-nerka, lebih baik langsung bawa ke dokter kulit atau spesialis yang ahli di bidangnya.

  1. Bertambahnya jumlah tahi lalat

Tanda-tanda terakhir ialah bertmbahnya jumlah tahi lalat di tubuhnya. Tahi lalat yang awalnya berjumlah 5, kini berubah menjadi 7. Bertambahnya tahi lalat memang memakan proses yang cukup lama dan panjang.Namun jika tahi lalat muncul secara tiba-tiba, dapat dipastikan kalau Anda sedang mengidap penyakit kanker kulit.

Meskipun jumlah pengidap kanker kulit masih sedikit, namun penyakit ini juga mematikan, apalagi jika tidak mendapat perhatian khusus dari dokter.

Penyakit kanker kulit bisa menyerang siapapun dan pada usia berapapun. Tanda-tanda di atas biasanya muncul akibat penggunaan bahan-bahan kimia yang berlebihan. Oleh karena itu, kurangi penggunaan bahan-bahan kimia ke kulit. Jika salah satu dari 7 tanda di atas terjadi padamu, segera konsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut ya!