Macam-macam Jenis Jerawat Beserta Gambar dan Cara Mengobatinya

Thirzaskin.com – Memiliki wajah sempurna tanpa gangguan yang merusak penampilan adalah hal yang diinginkan oleh seluruh orang khususnya untuk para wanita yang selalu ingin tampil cantik. Pada umumnya wanita memang memiliki kulit yang lebih halus dan lebih cerah namun juga terdapat banyak gangguan yang terdapat pada kulit wajah seperti komedo, jerawat, kulit kering, kulit berminyak,  dan lain sebagainya. Diantara berbagai macam masalah tersebut salah satu masalah yang sering membuat malu adalah jerawat. Hal tersebut dikarenakan jerawat merupakan masalah kulit yang dapat mengurangi penampilan sebab bentuknya yang timbul dan terkadang terdapat warna putih seperti nanah atau bahkan dapat menyebabkan wajah menjadi iritasi. Jerawat juga dapat menurunkan rasa percaya diri terhadap penampilan dan oleh sebab itu jerawat harus segera di basmi dengan cepat. Namun sebelumnya anda pun harus mengenali tentang jenis jenis jerawat. Ulasan pada kali ini akan membahas tentang jenis jenis jerawat dan cara mengobatinya. Bagi anda yang sudah penasaran maka langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

Macam-macam Jenis Jerawat

1. Whiteheads (Komedo Putih)

komedo-putih

Untuk jenis jerawat yang pertama yaitu Whiteheads. Whiteheads ini sendiri sebenarnya adalah komedo yang terdapat pada wajah. Komedo dapat muncul di wajah saat minyak dan sel-sel kulit mati bercampur dan menyumbat pori-pori. Banyak yang tidak tahu bahwa komedo tersebut juga masuk dalam golongan jerawat yang bentuknya lebih kecil. Juga biasa di istilahkan sebagai komedo tertutup atau juga komedo putih. Hal tersebut dikarenakan jerawat kecil ini terjadi di bagian bawah permukaan kulit. Biasanya komedo hadir dalam jumlah yang banyak namun juga tidak terlalu terlihat sebab ukurannya yang sangat kecil.

2. Blackheads (Komedo Hitam)

Blackheads (Komedo Hitam)

Untuk jenis jerawat yang kedua yaitu ada blackheads. Tahukah anda bahwa jenis jerawat yang satu ini merupakan jenis komedo juga. Jika whiteheads adalah komedo tertutup atau juga komedo putih maka istilah blackheads ini adalah komedo terbuka atau juga komedo hitam. Jerawat kecil yang satu ini berupa bintik bintik hitam yang bisa saja terjadi akibat adanya sumbatan pada pori pori wajah. Pori pori wajah dapat tersumbat apabila kondisi kulit memproduksi banyak minyak atau kulit berminyak. Juga disebabkan oleh adanya sel kulit mati dan juga bakteri.

3. Papula

Papula

Untuk jenis jerawat yang selanjutnya yaitu papula. Jenis jerawat yang satu ini merupakan tahap lanjut dari kondisi dimana kulit mengalami komedo yang kemudian menyebabkan iritasi atau peradangan. Biasanya bisa ditandai dari adanya benjolan yang warnanya kemerahan. Namun pada benjolan ini tidak terdapat puncak yang berwarna putih sebab jerawat yang satu ini tidak mengandung nanah. Oleh karena itu jenis jerawat yang satu ini sebaiknya tidak dipencet sehingga tidak menambah peradangan.

4. Pustula

Pustula

Pustula adalah puncak dari komedo yang meradang. Pustula muncul dengan dasar yang merah dan kepala yang putih. Jerawat yang satu ini juga berbentuk benjolan yaitu sama dengan jenis jerawat papula. Namun pada bagian puncak jerawat ini terdapat warna putih yang berisi nanah. Jerawat inilah yang memang biasa dikenal dan sering tumbuh pada area kulit.

5. Nodula

Nodula

Untuk jenis jerawat yang kelima yaitu ada nodula. Jerawat berikut ini timbul dengan ukuran yang lebih besar dan kondisi warnanya memerah. Jerawat ini biasanya dapat tumbuh pada kulit wajah dalam kurun waktu yang sangat lama yaitu bisa sampai berbulan bulan. Peradangan ini biasanya tidak hanya terjadi pada bagian atas permukaan kulit saja namun juga terjadi pada bagian bawah permukaan kulit.

6.  Kistik (Jerawat Batu)

kistik

Jerawat batu mirip seperti nodul tetapi berukuran lebih besar, dan terbentuk jauh di dalam kulit dan dipenuhi dengan cairan jernih atau nanah. Jerawat batu lunak, menyakitkan, dan dapat meninggalkan bekas luka setelah bintilnya menghilang. Jerawat batu juga cenderung mencolok dan membuat Anda tak percaya diri.

Cara Alami Mengatasi Jerawat

Setelah mengetahui banyaknya jenis jerawat dan rupanya komedo juga termasuk dalam golongan jerawat maka berikut ini adalah ulasan mengenai cara alami mengatasi jerawat. Bagi anda yang sudah penasaran maka langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

  1. Menggunakan Lemon

Banyak orang yang memang ingin tahu apa saja jenis jenis jerawat dan cara mengobatinya. Mengobati jerawat juga dapat dilakukan dengan menggunakan bahan alami seperti lemon. Lemon merupakan buah yang di dalamnya terdapat kandungan asam sitrat yang memiliki pengaruh lebih besar terhadap kulit. Kandungannya tersebut dapat digunakan untuk meluruhkan sel kulit mati dan juga dapat digunakan untuk membasmi kulit dari adanya jerawat bruntusan serta jerawat bintik bintik hitam serta juga dapat digunakan untuk mengatasi bekas jerawat. Cara untuk menggunakannya yaitu dengan menyediakan beberapa lemon serta kapas bola. Selanjutnya peras lemon dan gunakan airnya saja kemudian celupkan kapas dan usapkan pada seluruh permukaan wajah. Jika sudah biarkan hingga kering dan meresap pada kulit. Setelah itu baru dapat dibilas dengan menggunakan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka cara ini harus dilakukan secara rutin.

  1. Menggunakan Madu

Kemudian bahan alami yang juga dapat digunakan untuk membasmi jerawat adalah madu. Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan madu secara langsung di seluruh permukaan wajah atau pada bagian yang terdapat jerawat serta noda hitam akibat bekas jerawat. Perawatan ini dapat dilakukan pada malam hari menjelang tidur dan diamkan hingga keesokan harinya lalu kemudian dibilas dengan menggunakan air bersih.

  1. Menggunakan Buah Pepaya

Dan untuk bahan alami selanjutnya yang juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat adalah buah pepaya. Buah ini juga sangat bermanfaat untuk dapat membuat kulit wajah menjadi lebih cerah. Cara untuk menggunakannya yaitu dengan menghaluskan buah pepaya terlebih dahulu hingga teksturnya seperti bubur pepaya. Setelah itu ratakan pada permukaan wajah dan jadikan seperti masker. Jika sudah maka dapat langung dibilas dengan menggunakan air bersih.

  1. Es Batu

Cara alami yang juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat yang sedang meradang yaitu dapat dilakukan dengan menggunakan es batu. Ketika jerawat meradang dan terjadi iritasi pada permukaan kulit sehingga terjadilah kemerahan pada kulit maka sebaiknya diatasi dengan menggunakan es batu yang di oles oleskan pada permukaan jerawat yang meradang. Es batu dapat digunakan untuk merileksasi kulit yang sedang meradang akibat jerawat. Ini merupakan langkah utama yang dapat dilakukan sebelum melanjutkan perawatan jerawat berikutnya.

Artikel terkait : Makanan yang Dapat Menyebabkan Jerawat

Itulah beberapa informasi yang dapat anda ketahui dari jenis jenis jerawat dan cara mengobatinya. Dengan adanya ulasan diatas tersebut maka kini anda dapat mengetahui apa saja jenis jenis jerawat dan bagaimana cara untuk mengatasinya. Kebanyakan para wanita sering menggunakan perawatan instan untuk dapat membasmi jerawat dengan sangat cepat. Perawatan instan tersebut dilakukan dengan menggunakan produk produk yang bahan penggunaannya juga belum jelas aman. Hal ini tentu saja dapat memicu adanya masalah lain yang biasa saja terjadi pada kulit. Oleh sebab itu akan jauh lebih baik jika wanita mengatasi jerawat dengan menggunakan bahan bahan atau cara yang alami. Cara alami memang tidak dapat mengatasi jerawat secara instan karena diperlukan tahap atau proses agar jerawat terus mengempes namun sangat aman untuk digunakan.

Artikel ini membahas:

  • macam macam jerawat
  • jenis jerawat
  • jenis jenis jerawat
  • macam jerawat
  • jenis jerawat beserta gambar
  • Macam macam jerawat dan gambarnya
  • jenis jerawat dan gambarnya
  • gambar jerawat batu
  • gambar jerawat
  • jenis jerawat dan cara mengatasinya