Informasi Lengkap Mengenai Sulam Alis: Pengertian, Metode, dan Perawatannya

Thirzaskin.com – Wanita mana yang tidak ingin terlihat cantik di setiap kesempatan? Wanita dengan penampilan yang menarik seringkali menjadi pusat perhatian orang banyak. Bahkan wanita tersebut seringkali menjadi influencer bagi orang lain.

Salah satu cara untuk tetap terlihat cantik yaitu dengan melakukan operasi plastik dan operasi laser. Salah satu metode operasi plastik yang kini booming yaitu sulam alis. Banyak wanita Indonesia yang menyulam alisnya agar tertata rapi, tebal, dan terbentuk. Sulam alis terbukti sangat membantu karena para wanita tidak perlu repot-repot lagi untuk membentuk alis ketika bepergian.

  1. Pengertian Sulam Alis

Jika selama ini Anda menyamakan sulam alis dengan tattoo alis, Anda salah besar ya. Pada dasarnya sulam alis adalah proses pembentukan alis dengan menambahkan rambut halus pada alis. Proses pengerjaannya dilakukan dengan membuat salur-salur pada alis, sehingga kesannya lebih nyata dan tidak terlihat seperti tempelan.

Hasil dari sulam alis terbukti sangat memuaskan, dimana semua bulu di alis terlihat seperti asli. Tidak hanya itu saja, lengkungan alis juga lebih terlihat menawan dan berdimensi.

  1. Metode Sulam Alis

Cantik itu menyakitkan, benar tidak? Agar terus tampil cantik, setiap wanita kerap kali dituntut untuk melakukan lebih. Perawatan ke salon tidak lagi cukup untuk mempercantik diri. Pasalnya wanita juga dituntut untuk melakukan serangkaian surgery atau bedah untuk memperbaiki bagian tubuh yang tidak sempurna.

Sulam alis adalah salah satunya. Metode yang digunakan selama sulam alis tidak mudah, melainkan sulit dan sedikit menyakitkan. Bagaimana tahapannya?

  • Membentuk Alis

Langkah pertama yang perlu dilakukan saat menyulam alis yaitu membentuk alis. Sebelum alis dibentuk, alis terlebih dahulu digambar menggunakan pensil alis. Ketika si pemiliknya merasa tidak cocok, proses pembentukannya bisa diulang lagi hingga hasilnya pas.

Setelah itu, alis akan dicukur sesuai dengan bentuk yang didapat tadi. Mencukur alis tidak perlu sampai botak. Karena semakin banyak alis asli yang disisakan, semakin bagus pula hasilnya.

  • Proses Anestesi

Proses anestesi adalah proses pengaplikasian krim pada alis sebelum dilakukan sulam alis. Krim yang digunakan tidak boleh sembarangan. Melainkan harus sesuai dengan standar krim kecantikan. Tujuan pengaplikasian krim ini sendiri yaitu untuk menghilangkan rasa sakit pada bagian alis yang akan disulam.

  • Menyulam Alis

Proses penyulaman alis boleh dilakukan apabila krim anestesi sudah menyerap. Alis akan disulam menggunakan pensil alis listrik (embroidery pen). Pensil ini sendiri berisi tinta-tinta yang akan menghasilkan salur-salur yang sangat mirip dengan bulu alis. Pensil alis hanya diaplikasikan di bagian luar saja untuk menghindari pendarahan di alis.

  1. Cara Perawatan Sulam Alis
  • Perawatan Sebelum Sulam Alis

Sulam alis bukanlah kegiatan coba-coba. Apabila dilakukan dengan metode yang salah, maka berakibat pada terjadinya infeksi. Oleh sebab itu, ini dia hal yang perlu Anda lakukan sebelum menyulam alis.

  1. Mengetahui bentuk alis yang tepat sesuai dengan bentuk wajah. Tujuannya agar hasil alis sesuai dengan apa yang diinginkan
  2. Mencari jasa sulam alis yang profesional untuk menghindari kesalahan metode dan hasilnya lebih memuaskan
  3. Pastikan kulit Anda tidak mudah alergi, terutama kulit di area alis
  4. Pastikan alat-alat yang digunakan oleh jasa sulam alis bersih dan steril
  5. Hindari penggunaan bahan-bahan kimia karena dapat merusak tekstur kulit dan bulu alis
  • Perawatan Sesudah Sulam Alis

Agar sulam alis bertahan lama, Anda perlu melakukan beberapa perawatan intens dan ekstra, seperti:

  1. Usahakan untuk tidak membasahi alis selama satu minggu. Tujuannya agar tinta pada salur alis mengering dan meresap ke kulit
  2. Jangan menggosok alis dengan sabun muka atau facial foam secara berlebihan
  3. Gunakan make up setiap kali bepergian, terutama sehari setelah sulam alis. Tujuannya agar Anda lebih pede mengingat warna tinta sulam alis sangat pekat
  4. Jangan menggaruk alis
  5. Apabila kulit alis terkelupas, biarkan mengelupas sendiri
  6. Hindari jenis makanan yang menimbulkan alergi, misalnya udang
  7. Hindari mengonsumsi minuman beralkohol
  8. Selalu lakukan retouch secara teratur. Gunanya untuk mempertahankan warna dan bentuk alis agar hasilnya tetap awet

Itulah informasi lengkap seputar sulam alis. Bagi Anda yang ingin menyulam alis, pastikan Anda mengetahui dampak dan resiko dari sulam alis ini. Selain itu, pikirkan matang-matang apakah ingin sulam alis atau tidak untuk menghindari penyesalan di kemudian hari.