Cara Menutupi Bekas Jerawat Dengan Make Up dan Foundation

Thirzaskin.com – Penampakan jerawat di wajah mengurangi rasa percaya diri seseorang, apalagi kalau jumlah jerawatnya banyak. Berbagai cara dilakukan untuk menghilangkan jerawat, bahkan para wanita rela merogoh kocek yang tidak sedikit demi menghilangkan jerawat. Padahal, jerawat dapat sedikit disamarkan dengan penggunaan make up yang tepat.

Berikut proses penyamaran jerawat dengan make up yang perlu dilakukan oleh para wanita.

6 Langkah Mudah dan Cepat Menutupi Bekas Jerawat
  1. Memilih Produk Make Up yang Sesuai

Sebelum mengoleskan make up di wajah, ada baiknya untuk memilih produk make up yang sesuai dengan tipe kulit. Apabila kulitmu berminyak, pilihlah make up yang diperuntukkan khusus untuk kulit berminyak, dan seterusnya. Apabila make up yang dipilih tidak sesuai, jerawat bukan malah tersamarkan, malah semakin kelihatan wujudnya. Make up yang tidak sesuai juga akan membuat jerawatmu semakin banyak.

Jika Anda belum mengetahui tipe kulit yang sebenarnya, konsultasikan lah ke dokter kulit terlebih dahulu. Atau Anda bisa mengamatinya sendiri setelah bangun tidur. Apabila saat bangun tidur wajah dipenuhi minyak, itu berarti Anda memiliki tipe wajah berminyak. Apabila wajah terlihat kering seperti tidak ternutrisi, itu berarti tipe wajah Anda kering. Dengan pemilihan make up yang sesuai, wajah pun jadi lebih aman dari jerawat dan efek samping lainnya.

  1. Memilih Foundation yang Full Coverage

Sebelum mengaplikasikan seluruh make up, Anda perlu mengaplikasikan foundation lebih dulu. Ada banyak jenis foundation yang ada di luar sana. Tapi, pilihlah jenis foundation yang full coverage yang mampu menyamarkan noda di wajah dengan sempurna.

Aplikasikan foundation menggunakan jari, lalu ratakan dengan menggunakan kuas atau spons. Pakailah foundation secukupnya, jangan berlebihan agar wajah tetap terlihat natural bukan seperti boneka.

  1. Pakai Concealer untuk Menyamarkan Noda Jerawat

Setelah memakai foundation, pakailah concealer untuk menyamarkan noda yang belum tertutup sepenuhnya oleh foundation. Selain menyamarkan jerawat dan noda di wajah, oleskan concealer untuk bagian bawah mata agar ‘mata panda’ tidak terlihat. Pilih concealer yang warnanya satu tingkat lebih cerah dibandingkan wajah asli kulit Anda. Sesuaikan pula jenis concealer dengan tipe wajah. Kalau Anda memiliki tipe kulit kering, pilih concealer berbahan dasar cair agar proses penyamaran bopeng atau jerawat di wajah jauh lebih maksimal.

  1. Gunakan Loose Powder yang Pas

Setelah memakai foundation dan concealer, kini saatnya untuk menggunakan bedak. Pilihlah tipe bedak tabor supaya proses pendempulan wajah terlihat sempurna. Kenapa bedak tabur? Karena butirannya ringan di wajah, mengandung sedikit minyak, dan mudah diaplikasikan di wajah yang berjerawat. Sebaliknya, bedak padat memiliki kandungan minyak yang lebih tinggi, jadi kurang efektif kalau diaplikasikan di wajah.

  1. Hindari Pemakaian Blush On dan Bronzer

Untuk mempercantik penampilan, para wanita biasanya akan mengaplikasin blush on untuk proses finishing. Tapi tidak untuk wajah berjerawat karena pemakaian blush on akan memicu hadirnya jerawat setelah pemakaian make up. Sehingga jumlah jerawat bukan malah berkurang, tapi bertambah.

Selain blush on, Anda juga harus menghindari pemakaian bronzer. Sebab, partikel cahaya yang terdapat pada bronzer bukan malah membuat wajah berkilau, tapi akan membuat kulit sulit bernapas karena bronzer itu sendiri akan menutup pori-pori di kulit. Jadi intinya, wajah berjerawat tidak perlu dioleskan apa-apa untuk bagian pipi, biar saja kelihatan natural sesuai warna kulit asli.

  1. Semprotkan Spray Wajah

Setelah memakai seluruh produk make up, kini saatnya untuk menyemprotkan spray wajah. Penggunaan spray akan membuat wajah Anda terlihat lebih segar, make up pun bisa tahan lebih lama. Ketahanan make up pun jadi lebih tinggi apabila make up yang digunakan berkualitas. Kalau make up tahan lama, Anda pun tampil lebih percaya diri karena noda jerawat di wajah tidak akan terlihat sebelum make up dihapus.

Itu dia tips menyamarkan noda jerawat dengan menggunakan make up. Intinya, pilihlah jenis make up yang sesuai dengan tipe kulit dan memiliki kualitas yang bagus. Karena make up berkualitas biasanya lebih tahan lama saat diaplikasikan di wajah.

Artikel ini membahas:

  • cara menutupi jerawat dengan foundation
  • cara menutupi bekas jerawat dengan foundation
  • agar jerawat tertutup pkai pondesion ap
  • bedak tabur agar bopeng diwajah tidak nampak
  • cara menutui bekas jerawat menggunakan make upn
  • cara menutupi bekas jerawat dengan make up biar tahan lama
  • cara menutupi jerawat dengan kulit palsu
  • cara pakai bedak yang gak kelihatan bekas jerawat