10+ Cara Menghilangkan Panu dengan Cepat dan Alami, Terbukti Ampuh!

Thirzaskin.com – Kita semua pasti sering mengalami yang namanya panuan, tidak perduli pada anak remaja atau orang tua. Panu yang mempunyai nama latin tinea versicoleor yang berarti infeksi jamur umum pada kulit.

Penyebab dari panu adalah jamur yang biasanya tiba-tiba muncul pada permukaan kulit dan kalau sudah tumbuh mulai mempengaruhi pigmentasi kulit dan biasanya muncul pada tangan, lengan, dada dan leher serta disertai rasa gatal. Berikut adalah cara menghilangkan panu secara cepat dan alami yaitu :

1# Mengatasi Panu dengan Tea Tree Oil

Tea tree oil Sangat manjur sekali untuk yang mengalami panuan, karena bisa mencegah panu kembali lagi. Cara pemakaian; ambil 5-7 tetes tea tree oil – oleskan pada area yang terkena panu dengan bola kapas – tunggu sampai mengering sendiri – bilas dengan air hangat. Gunakan tea tree oil 2 kali selama beberapa minggu.

2# Hentikan Pertumbuhan Panu dengan Minyak kelapa

Minyak kelapa efektif untuk mengobati semua jenis jamur dan bisa membantu menghentikan pertumbuhan jamur. Cara pemakaian; campur minyak kelapa extra-virgin dengan 5-6 tetes kayu manis – oleskan pada area yang terkena panua dengan bola kapas – diamkan 15-20 menit – bilas dengan air hangat.

3# Cara Alami Mengobati Panu dengan Lidah buaya

Lidah buaya tidak hanya sekedar untuk mengatasi jerawat dan komedo, melainkan juga bisa mengobati panuan. Secara signifikan lidah buaya mengurangi kemampuan jamur untuk berkembang dan bisa menyembuhkan kulit yang rusak akibat panuan. Cara pemakaian; ambil gel dari lidah buaya – campurka dengan 2 tetes minyak lavender – oleskan gel tersebut ke area panu. Lakukan ini selama 2-3 kali sehari dalam seminggu.

4# Cegah Panu dengan Yoghurt

Susu asam yang satu ini bukan hanya sebagai makanan untuk melangsingkan tubuh, tapi juga bisa mengobati panuan, tapi harus yoghurt yang polos (plain). Karena bisa mendorong penyembuhan panuan secara cepat dan mencegah datangnya kembali panuan. Cara pemakaian; oleskan yoghurt ke daerah yang terkena panuan – biarkan selama 20-30 menit – bilas dengan air hangat. Selain dioleskan ke daerah yang panuan, yoghurt bisa juga dimakan 2-3 cangkir.

5# Basmi Panu menggunakan Oregano oil

Minyak oregano oil sangat ampuh melawan panuan dan mengurangi gejala panuan. Cara pemakaian; larutkan minyak oregano oil dengan minyak kelapa extra-virgin – oleskan ke daerah yang panuan dengan bola kapas – diamkan selama 30 menit – bilas dengan air hangat.

6# Hentikan Panu dengan Bawang putih

Bawang putih dapat menghentikan pertumbuhan jamur dan menghindarkan dari rasa gatal dan mencegah segala jenis infeksi kulit. Cara pemakaian; oleskan bawang putih ke area yang terkena panuan – diamkan selama 20 menit – bilas dengan air hangat. Bisa juga bawang putih dikonsumsi 2-3 siung saat perut dalam keadaan kosong.

7# Apple Cider Vinegar

Cuka apel ini bukan hanya sebagai campuran bahan makanan, tapi juga sangat ampuh melawan panuan dan mengontrol mertumbuhan abnormal jamur. Selain itu mencegah terulangnya infeksi. Cara pemakaian; Larutkan cuka apel ke dalam air hangat – oleskan ke area yang terkena panuan – diamkan selama 15 menit – bilas dengan air hangat. Bisa juga cuka apel diminum dengan air suam-suam kuku dua kali sehari.

8# Mengobati Panu dengan Kunyit

Bahan campuran untuk pembuatan kari tersebut sangatlah bagus untuk mengobati panuan dan mencegah terulangnya infeksi yang berkelanjutan. Cara pemakaian; Ambil 3-4 sendok teh kunyit, campurkn dengan bubuk cendana – tambahkan air sampai menjadi pasta – oleskan ke area yang terkena panuan – diamkan selama 30 menit – mandi dengan air hangat. Lakukan ini sekali sehari sampai flek panuan menghilang.

9# India Lilac/Nimba

Pengobatan yang sangat efektif untuk infeksi kulit dan membantu mengendalikan pertumbuhan jamur yang menyebabkan panuan serta membantu proses penyembuhan dengan sangat cepat. Cara pemakaian; Giling daun nimba dengan air sampai jadi pasta – oleskan ke daerah yang terkena panuan – biarkan sampai mengering sendiri – bilas dengan air hangat. Bisa juga daun nimba direndam dengan minyak kelapa zaitun.

10# Diet sehat

Dengan melakukan diet sehat maka kita akan terhindar dari panuan. Selalulah konsumsi makanan yang mengandung probiotik seperti yoghurt. Selalu konsumsi vitamin A, C, E, B untuk memberikan sistem kekebalan tubuh, sertakan juga sayur dan buah-buahan dan terakhir hindarkan dari makanan yang mengandung karbohidrat, karena akan merangsang ragi. Dengan diet sehat membantu mencegah infeksi akibat panuan.

11# Hilangkan Panuan dengan Baking soda

Bahan dapur sebagai campuran dalam membuat kue ini merupakan sifat anti antasida yang membantu gangguan pada pencernaan, lambung dan gangguan perut lainnya dan juga dapat menyeimbangkan PH. Baking soda juga ternyata mampu melawan sel kanker yang merupakan pertumbuhan berlebih jamur. Cara pemakaian; Tuang ½ cangkir atau 1 cangkir baking soda ke dalam bak mandi, ½ atau 1 cangkir garam Epsom, 1 cangkir cuka apel. Bisa juga baking soda dibalurkan ke area yang terkena panuan dan gosok-gosok selama 5-10 menit. Itu akan mengurangi menghilangkan sel kulit mati.

12# Jus lemon

Lemon yang mengandung vitamin C mempunya asam ph yang tinggi dan menjadi obat favorit untuk mengobati panu dan bisa mencegah untuk balik kembali. Cara pemakaian; jus lemon diencerkan ke air dengan perbandingan 1 : 2 – terapkan pada daerah yang panu dan diamkan sampai mau mandi.

13# Ekstrak anggur

Ada banyak kegunaan dari ekstrak anggur, salah satunya bisa mengobati panu dan bisa mengobati infeksi ragi. Ekstrak anggur juga memiliki anti virus dan anti bakteri. Cara pemakaian; gunakan ekstrak anggur 2-3 kali untuk menyembuhkan panu.

14# Sembuhkan Panu dengan Madu

Selain manis, madu juga bisa digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan panu. Karena madu memiliki monosakarida, fruktosa dan glukosa yang tinggi. Cara pemakaian; oleskan madu pada daerah yang panu – diamkan 1-2 jam – bilas dengan sabun ringan. Ulangi terus sampai panu sembuh.

15# Obat Panu Alami dengan Biji mustard

Biji mustard atau biji sesawi memiliki sifat anti-jamur bisa mengobati panu dan juga kaya akan vitamin dan mineral yang merupakan solusi untuk kulit. Cara pemakaian; biji sesawi dicampur dengan air sampai menjadi pasta – terapkan pada daerah yang terkena panu – biarkan kering sepenuhnya – bilas dengan air sampai bersih.

16# Atasi Panu dengan Jeruk nipis

Mengandung vitamin E dan zat asam yang dapat mengobati jamur penyebab panu dan bisa menjadi solusi apabila tidak memiliki lemon. Cara pemakaian; encerkan sedikit jeruk nipis ke dalam air dengan rasio 1 : 2 – Terapkan pada daerah yang terkena panu dan diamkan sampai anda mandi di berikutnya.

17# Ramuan Herbal Lengkuas

Kandungan pada lengkuas sangat bermanfaat untuk menyembuhkan jamur pada panu, karena mengandung amilum, kuersetin dan flavonoid. Cara pemakaian; ambil 1 buah lengkuas dan sejumput garam – belah lengkuas – tabur garam pada belahan lengkuas – gosokkan belahan yang ditabur garam tersebut ke daerah yang panuan – gosok sampai memerah dan perih – bersihkan dengan air bersih. Lakukan maks 3 kali sampai panu menghilang.

Itulah ulasan mengenai cara-cara menghilangkan panu dalam waktu cepat dengan bahan alami, efektif dan tentu saja tidak ada efek sampingnya. Semoga bermanfaat bagi kita semua