Cara Mengatasi Kulit Kering dan Berminyak dengan Masker Pelembab

Thirzaskin.com – Memilih produk pelembab haruslah yang sesuai dengan kondisi kulit kita. Jangan asal pilih pelembab karena kulit mempunyai banyak jenis diantaranya yaitu kulit kering, berminyak, sensitive dan normal. Kulit yang kering memang sudah seharusnya memakai pelembab wajah. Tapi seharusnya kita harus memilih pelembab wajah yang mengandung kadar air yang tinggi dan juga minyak alami untuk menjaga kelembaban kulit.

Banyak sekali orang-orang yang mencari pelembab atau disarankan pelembab yang mengandung susu, mengandung minyak alami dan mengandung pelembab yang tinggi, sehingga bisa mendapatkan hasil yang optimal dan kadar air dalam kulit juga terpenuhi.

Sedangkan pada kulit yang berminyak, tampak begitu mengkilap yang berlebihan pada wajah dan berbagai masalah seperti jerawat juga akan hinggap di wajah kita. Sangat disarankan agar tidak memilih pelembab yang mengandung minyak atau oil free merupakan satu langkah yang paling tepat sekali. Bahkan pada saat ini sudah keluar berbagai macam produk yang tidak mengandung minyak atau oil free.

Masker Alami untuk Kulit Kering dan Berminyak

  1. Masker mentimun; Mentimun dinilai baik untuk merawat kesehatan dan kecantikan wajah, khususnya untuk kulit berminyak. Nutrisinya juga sangat baik untuk mengontrol kadar minyak
  2. Masker teh; Untuk masker sebaiknya gunakan teh hitam dan teh hijau, karena mampu mengontrol kadar minyak berlebih, sehingga membuat kulit makin sehat. Teh yang juga mengandung anti oksidan dan radikal bebas juga bisa mencegah penuaan dini pada kulit.
  3. Masker lemon; Lemon yang mempunyai kandingan Vitamin A, C, B1 dan B3 juga bermanfaat untuk mengatasi kulit yang berminyak.
  4. Masker Aloe Vera; Sangat bagus untuk mengontrol kadar minyak dalam wajah, dan merawat kecantikan wajah.
  5. Masker Tomat; Bahan dapur yang biasa digunakan membuat sup, pasta dll ini ternyata mempunyai manfaat yang sangat bagus untuk mengatasi kulit kering dan berminyak.
  6. Masker Strawberry; Strawberry yang mengandung vitamin C sangat bermanfaat sekali untuk mengatasi kulit berminyak.
  7. Masker Alpukat; Alpukat dikenal memiliki kandungan lemak yang berkhasiat untuk mengatasi kulit yang kering dan sangat cocok untuk perawatan kulit kering agar wajah menjadi lembab, lembut dan kencang.
  8. Masker Jeruk; Bukan hanya buah jeruknya saja yang dapat dijadikan masker, kulit jeruknya sendiri juga sangat berguna sebagai pembersih dan penyegar untuk kulit berminyak.
  9. Masker jeruk nipis; Jeruk nipis sangatlah ampuh untuk kulit kombinasi (kering-berminyak) dan mencegah penuaan dini.
  10. Masker Susu Bubuk; Susu masuk dalam kategori 4 sehat 5 sempurna dan boleh terbilang sangat menyehatkan, tapi ternyata mempunyai manfaat lain yaitu bisa menghaluskan, mencerahkan dan memberi cahaya pada kulit wajah. Susu yang cocok yang dijadikan masker adalah susu full cream. Lakukan ini untuk mendapatkan hasil yang optimal.
  11. Masker Telur; Putih telur dan kuning telur dikenal sangat bermanfaat untuk kulit wajah. Perawatan dengan kuning telur untuk kulit kering, sedangkan putih telur untuk wajah berminyak yang berguna untuk mengencangkan wajah.
  12. Masker Pepaya; Bagi yang menginginkan awet muda bisa lakukan masker papaya. Buah papaya sangat cocok untuk semua jenis kulit yang dapat melembabkan menghilangkan sel mati.
  13. Masker Pisang; Hampir sama dengan papaya, ternyata pisang juga sangat cocok untuk semua jenis kulit terutama untuk wajah yang berjerawat. Karena dalam buah pisang mengandung zat yang dapat mengempiskan bengkak pada jerawat.
  14. Masker Melon dan Semangka; Kedua buah ini dapat menyimpan dan mengikat air, sehingga sangat cocok digunakan sebagai masker untuk kulit wajah yang kering akibat terbakar sinar matahari.
  15. Masker Apel; Ternyata kandungan buah apel sangat berguna untuk menetralisir minyak, sehingga masker apel sangat cocok untuk wajah berminyak.
  16. Masker Wortel; Kandungan wortel yang mengandung Vitamin A, bukan hanya bagus untuk mata, melainkan juga sangat bagus untuk menutrisi kulit yang kusam. Kandungan pada wortel juga bisa melembutkan dan menjadikan wajah lebih bersinar.
  17. Masker Kentang & Bengkoang; Bagi yang suka begadang sampai pagi, sangatlah bagus memakai masker kentang dan bengkoang. Karena sangat bermanfaat untuk mengurangi lingkaran di mata akibat kurang tidur dan dapat memutihkan wajah.

Itulah kira-kira masker yang bermanfaat untuk mengatasi kulit kering dan berminyak. Pilihlah masker sesuai dengan keadaan kulit kita ya. Jika ditelusuri satu persatu ternyata wajah berminyak mempunyai banyak sekali pemicunya.

Faktor Pemicu Kulit Berminyak

  • Faktor keturunan; Bila ada orang tua yang mempunyai wajah berminyak, maka anaknya juga akan berminyak wajahnya.
  • Salah dalam menggunakan produk; Produk make up yang tidak cocok untuk wajah kita bukan hanya bisa menyebabkan wajah berjerawat, tapi juga muka berminyak.
  • Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan kimia seperti obat untuk terapi.
  • Ketidakseimbangan hormone seperti; haid, menopause, memasuki masa puber dll juga bisa menyebabkan kelenjar hormone minyak naik drastic.
  • Tekanan batin yang disebabkan karena masalah rumah tangga, pekerjaan, dll bukan hanya menyebabkan wajah berminyak, melainkan juga kering dan kusam.
  • Sering merawat kulit di salon juga bisa menjadi pemicu wajah berminyak seperti; tanning
  • Mungkin kita mengira dengan terlalu sering mencuci wajah akan membuat wajah jadi terlihat cerah, tapi hal itu justru tidak baik. Karena bisa menyebabkan wajah kering dan iritasi. Mencuci wajah cukup 2 kali yaitu pagi dan malam hari atau cukup sekali untuk kulit kering.
  • Penggunaan krim yang terlalu berlebihan juga bisa memicu wajah menjadi berminyak. Penggunaan secara jangka panjang juga bisa menyebabkan wajah berminyak.
  • Bagi kita yang tinggal di perkotaan dan polusi yang berada dimana-mana, wajib mencuci muka 2 kali sehari, jika tidak akan maka segala hal akan terjadi pada wajah kita.
  • Makan makanan gorengan pasti sangat digemari oleh semua orang. Tapi justru makan makanan gorengan itulah yang bisa menjadi pemicu wajah berminyak. Kalau bisa makanan gorengan porsinya dikurangi, karena tidak bagus untuk kesehatan kulit dan tubuh.

Itulah pemicu bagaimana wajah kita bisa berminyak. Bagi yang masih melakukan hal diatas, mulai sekarang tinggalkanlah kebiasaan tersebut.

Cara Mengatasi Kulit Kombinasi (Kering dan Berminyak)

Cara Mengatasi Kulit Kering dan Berminyak

  • Gunakan sabun yang khusus yang tidak membuat kulit kering menjadi lebih kering. Pilihlah cleanser (pembersih) yang sesuai dengan kulit kita atau bisa juga menggunakan pembersih alami seperti madu dan susu.
  • Lakukan perawatan CTM (Cleansing, Toning, & Moisturizing) dan dijamin akan mendapatkan kulit mulus dalam waktu yang singkat.
  • Toner adalah perawatan untuk semua jenis kulit, terutama kulit kombinasi yang cenderung berminyak. Toner juga dapat merapatkan pori-pori yang terbuka.
  • Oleskan pelembab di daerah wajah yang kering untuk menyamarkan area yang berminyak.
  • Gunakan selalu tabir surya untuk perlindungan kulit ketika berada di udara terbuka.
  • Setelah melakukan aktifitas seharian, bersihkanlah dengan cleanser untuk menghapus riasan yang menempel di wajah.
  • Supaya kulit mendapatkan nutrisi gunakanlah krim malam untuk memperbaiki dan melembabkan kulit. Sangat berguna juga untuk mencegah penuaan.
  • Jika tangan tidak bersih, janganlah menyentuh wajah walaupun itu hanya menekan atau memijat, karena akan memperbesar pori-pori dan akan mengeluarkan lebih banyak minyak.

Tips merawat kulit kombinasi di area T zone tentunya sangat membantu kita, selain itu makanlah makanan yang sehat dan bergizi meliputi sayuran, buah-buahan, telur, ikan dan susu. Jangan lupa olahraga juga akan menghasilkan tubuh dan kulit yang sehat.