6 Langkah Mudah Membuka Klinik Kecantikan Skin Care

Thirzaskin.com – Siapa yang tak ingin tampil cantik? Hampir semua orang menginginkannya. Maka tak jarang banyak orang pergi mempercantik diri. Baik ke salon maupun ke klinik kecantikan atau estetika. Tingginya permintaan masyarakat di bidang jasa kecantikan membuat salon dan klinik kecantikan mudah ditemukan dimana saja. Apalagi di daerah perkotaan, jumlahnya bisa sampai tak terhitung.

Banyaknya jumlah klinik kecantikan yang ada juga membuat persaingan antara klinik kecantikan yang satu dengan yang lainnya semakin ketat. Maka tak jarang setiap klinik berusaha membuat kliniknya unik dengan pelayanan yang berbeda.

Setiap klinik kecantikan sadar kalau kepuasan konsumen adalah yang utama. Maka banyak klinik tak sungkan merogoh kocek untuk membuat kliniknya semenarik mungkin. Fasilitas ruang tunggu yang nyaman juga disediakan jika pelanggan datang bersama dengan rekannya.

Namun, fasilitas yang lengkap membutuhkan modal yang lebih besar. Bagi Anda yang minim modal, Anda dapat membuka klinik kecantikan yang sederhana dulu. Setelah Anda mendapatkan hati pelanggan dan keuntungan, barulah Anda mulai membangun klinik kecantikan lebih besar daripada sebelumnya.

Bagi Anda yang ingin membuka klinik kecantikan, sebaiknya Anda mengetahui dulu tata cara dan syarat membuka klinik kecantikan. Tujuannya agar klinik estetika yang hendak Anda bangun legal secara hukum. Berikut adalah poin-poin yang harus diperhatikan, antara lain:

6 Langkah Mudah Membuka Klinik Kecantikan

Membuka Klinik Estetik

  1. Mengurus Surat Izin Usaha

Setiap usaha yang akan dijalankan tentu saja membutuhkan surat izin. Dengan adanya surat izin, maka usaha tersebut telah resmi berbadan hukum. Jika suatu saat terjadi penggusuran atau pemeriksaan terkait keabsahan bisnis, maka bisnis Anda dapat selamat dari penggusuran.

Sama halnya dengan membangun klinik kecantikan, Anda juga memerlukan izin dari departemen kesehatan. Klinik kecantikan yang mendapatkan surat izin resmi dari departemen kesehatan (depkes) pada umumnya lebih laris ketimbang klinik kecantikan biasa. Lagipula, pelanggan juga akan lebih percaya jika ingin mempercantik dirinya di klinik Anda karena obat yang digunakan serta alat-alatnya sudah memenuhi standar yang ditetapkan.

Sebelum membangun usaha, Anda harus mengurus semua dokumen atau berkas yang berkaitan dengan usaha yang dijalankan. Setelah itu, Anda dapat pergi ke departemen kesehatan yang ada di kota tempat tinggal untuk mengajukan pendirian klinik kecantikan. Apabila semua memenuhi standar, maka mulai saat tersebut, Anda telah dapat menjalankan usaha klinik kecantikan.

  1. Pilih Lokasi yang Strategis

Usaha apapun yang Anda jalankan, lokasi strategis merupakan salah satu hal yang paling krusial. Agar klinik kecantikan lebih dikenal, sebaiknya Anda membuka usaha di daerah yang padat penduduknya, seperti di pusat perkotaan. Namun, biaya sewa atau membeli bangunan akan semakin mahal. Untuk mensiasatinya, Anda dapat memilih lokasi yang agak jauh dari pusat kota, namun masih sering dilalui oleh kendaraan. Daerah ini umumnya memiliki biaya sewa yang lebih murah.

Jika Anda memiliki modal yang besar, tidak ada salahnya jika Anda membuka klinik kecantikan di pusat perbelanjaan, seperti mall. Namun, hal ini juga sedikit beresiko. Apalagi jika klinik kecantikan Anda masih baru alias belum dikenal oleh masyarakat. Lain halnya jika klinik kecantikan sudah memiliki nama, seperti: Erha, Natasha Skin Care, klinik estetika dr affandi, dsb.

Setelah mendapatkan lokasi yang strategis, Anda dapat menyulap lokasi tersebut menjadi klinik kecantikan yang nyaman. Sediakan ruang tunggu ber Ac, area parkir yang luas, televisi, minuman, dan Wi-Fi sebagai fasilitas penunjang.

  1. Tentukan Siapa Target Pasar

Langkah selanjutnya adalah menentukan target pasar. Jika segmen pasar adalah remaja atau anak muda, maka buatlah klinik kecantikan yang sesuai dengan gaya anak muda. Untuk daftar harga sekali perawatan juga haruslah sesuai dengan kantong anak muda.

Jika segmen pasar yang Anda bidik adalah kalangan menengah ke atas, Anda perlu membuat klinik kecantikan yang mewah. Mewah maksudnya disini bukanlah menggunakan lantai marmer atau lampu hias yang terlalu banyak. Namun, Anda perlu memperhatikan dari segi bangunan dan tata letak peralatan di klinik kecantikan tersebut. Jangan lupa untuk membuat lahan parkir karena kalangan menengah ke atas biasanya pergi menggunakan kendaraan pribadi.

  1. Peralatan dan Sarana yang Digunakan

Untuk membangun klinik kecantikan, pastilah Anda membutuhkan peralatan sebagai penunjang. Maka dari itu, Anda perlu membeli semua peralatan yang memenuhi standar. Apalagi jika klinik kecantikannya membidik pangsa menengah ke atas, sudah pasti peralatan yang digunakan semakin bagus kualitasnya.

Selain peralatan untuk kecantikan, Anda juga perlu menyediakan sarana penunjang. Seperti tempat tidur atau matras, meja, kursi, steamer, dan lampu. Untuk masalah harga, sesuaikan dengan budget dan pangsa pasarnya. Jika sasaran pasar kalangan menengah ke bawah, modal Rp 25 juta sudah cukup untuk membangun klinik kecantikan. Namun, jika sasaran pasar kalangan menengah ke atas, sudah jelas modal yang diperlukan mencapai ratusan juta rupiah. Apalagi peralatan dan sarana yang diperlukan semakin kompleks atau banyak.

  1. Berikan Pelayanan yang Memuaskan

Agar pelanggan mau berkunjung lagi dan lagi, berikan pelayanan terbaik di klinik kecantikan Anda. Pelayanan yang dimaksud tidak hanya memilih tenaga ahli di bidangnya, namun juga dari produk perawatan yang berkualitas dan fasilitas terbaik yang diberikan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, fasilitas yang memadai akan membuat pelanggan nyaman dan betah untuk berlama-lama di klinik kecantikan Anda.

Pelayanan disini tidak harus mewah, namun memang harus sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan. Misalnya ruang tunggu, area parkir, dan layanan Customer Service jika sewaktu-waktu pelanggan ingin menjadwalkan waktu untuk berkunjung dan konsultasi dengan dokter estetik.

  1. Lakukan Promosi

Cara membuka klinik kecantikan terakhir adalah melakukan promosi. Kegiatan promosi sangatlah diperlukan agar usaha Anda bisa dikenal oleh banyak orang. Tidak hanya dikenal oleh masyarakat di sekitar saja, namun juga dikenal oleh masyarakat di luar kota.

Ada banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk promosi. Selain dengan menyebarkan spanduk, baliho, atau menempel poster, Anda juga dapat menggunakan sosial media sebagai tempat untuk melakukan promosi. Promosi melalui sosial media juga tak kalah efektifnya dengan menempel poster di jalan raya. Lagipula, hampir semua masyarakat di Indonesia kini telah memakai sosial media sebagai tempat untuk mengekspresikan diri. Media sosial seperti Instagram atau Facebook menjadi pilihan yang kami rekomendasikan.

Usaha apapun yang dibangun, sudah pasti harus mengikuti tata cara dan syarat yang benar agar usaha tersebut bisa berjalan dengan lancar. Bagi Anda yang memiliki keinginan terpendam untuk membuka klinik kecantikan, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di atas sebagai pedoman. Semoga apa yang telah dibahas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan.

Jika Anda telah memahami setiap poin yang dijelaskan dengan baik, kini saatnya Anda bertindak. Jangan hanya menunggu, bisa jadi peluang usaha klinik kecantikan sudah dilirik oleh tetangga sebelah. Semoga sukses.

Artikel ini membahas:

  • apa saja yang diperlukan untuk membuka klinik kecantikan