7 Bahan Kosmetik Paling Berbahaya Bagi Kesehatan Kulit Wanita

Thirzaskin.com – Penggunaan zat-zat berbahaya pada kosmetik dilarang untuk dijual di Indonesia. Meskipun begitu, BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) masih saja menemukan beberapa kosmetik dengan bahan berbahaya yang di jual di pasaran.

Penggunaan bahan-bahan tersebut tidak disarankan karena dapat merusak sel-sel pada kulit yang dapat berujung pada penyakit kanker kulit. Berikut adalah 7 bahan kosmetik yang paling berbahaya bagi kesehatan kulit.

  1. Merkuri

Bahan merkuri biasanya banyak digunakan untuk pembuatan body lotion. Padahal merkuri merupakan bahan utama yang digunakan untuk membuat logam berat. Merkuri ini mengandung racun apabila dikonsumsi dalam persentasi besar meupun kecil.

Pemakaian merkuri secara berlebihan dapat menimbulkan flek hitam pada kulit. Selain itu, kulit juga terkena iritasi dan gatal-gatal. Dampak paling burk dari penggunaan merkuri ini yaitu dapat merusak susunan saraf otak, ginjal, dan menghambat perkembangan janin. Dalam jangka pendek, pemakainya juga akan terkena diare dan muntah-muntah. Oleh sebab itu, hindari membeli body lotion yang tidak memiliki merek ya, Lebih baik sedikit mahal, namun berkualitas.

  1. Zat Pewangi

Penggunaan zat pewangi banyak ditemukan pada produk parfum. Namun, Anda perlu waspada jika menemukan penggunaan zat pewangi pada produk kosmetik. Senyawa kimia yang terrdapat pada parfum dipercaya dapat menimbulkan penyakit asma dan menghambat perkembangan hormon. Selain itu, zat pewangi juga mematikan apabila dikonsumsi oleh hewan liar.

Oleh sebab itu, hindari produk kosmetik yang mengandung zat pewangi. Karena zat pewangi hanya digunakan untuk produk deterjen dan produk pembersih toilet.

  1. Butil Asetat

Butil asetat banyak digunakan pada pembuatan cat kuku. Aroma dari bahan asetat ini menusuk di hidung. Coba saja Anda menghirup cat kuku, pasti hidung Anda akan gatal-gatal sesaat kemudian. Penggunaan butil asetat pada produk kecantikan dapat menyebabkan kulit kering, kusam, dan bersisik.

Jika Anda ingin kulit tetap sehat dan terjaga, hindari pemakaian kosmetik yang mengandung butil asetat. Sebaiknya perhatikan komposisi dari produk kosmetik sebelum memutuskan untuk membelinya.

  1. Triclosan

Triclosan adalah senyawa kimia yang banyak digunakan sebagai bahan pembuatan sabun, pasta gigi, obat kumur, dan gel anti bakteri. Senyawa triclosan sangat baik untuk membunuh bakteri, baik bakteri jahat maupun baik. Namun, penggunaan triclosan secara berlebihan dapat membahayakan kesehatan. Misalnya, gangguan hormonal.

Oleh sebab itu, hindari sabun atau bahan pembersih yang banyak mengandung triclosan. Lebih baik memilih bahan yang mengandung air dan alkohol. Kedua bahan ini juga terbukti ampuh untuk membunuh kumat penyakit.

  1. Resorsinol

Resorsinol adalah bahan yang sangat ampuh untuk mengatasi kulit kering, bersisik, dan pecah-pecah. Selain itu, kandungan yang terdapat pada resorsinol juga ampuh untuk membunuh bakteri. Resorsinol sangat cocok digunakan apabila Anda terkena sengatan lebah dan gigitan serangga.

Namun, penggunaan resorsinol yang berlebihan dapat menyebabkan iritasi kulit dan mengurangi sistem imun atau kekebalan tubuh. Resorsinol juga tidak bagus digunakan pada kulit yang luka atau terkena sayatan karena akan menyebabkan gejala dermatitis, hiportemia, hematuria, konvulsi, peningkatan detak jantung, dan masih banyak lagi.

  1. Formaldehida

Formaldehida atau sering disebut sebagai metanal atau formalin adalah bahan kimia yang banyak digunakan pada cat kuku, sabun bayi, perekat, dan pewarna rambut. Formaldehida sendiri berasal dari proses pembakaran bahan yang mengandung karbon.

Penggunaan formaldehida pada bahan pembuatan kosmetik dapat menganggu kesehatan. Seperti, menimbulkan iritasi pada kulit, menyebabkan gatal-gatal, gangguan pernapasan, dan penyakit kanker.

  1. Petroleum Distillates

Petroleum Distillates atau parafin cair banyak ditemukan pada produk kosmetik, seperti maskara, bubuk pembersih kaki, dan lain-lain. Senyawa karsinogen yang terdapat pada petroleum distillates mamou mengubah asam deoksiribonukleat dalam tubuh manusia. Sehingga dapat menyebabkan penyakit kanker dan gangguan pernapasan.

Itulah 7 bahan kosmetik yang sangat berbahaya untuk kesehatan kulit. Periksalah komposisi atau bahan-bahan pembuatan kosmetik sebelum memutuskan untuk membeli kosmetik tersebut. Sebaiknya jangan membeli kosmetik yang mengandung salah satu datu tujuh bahan berbahaya tersebut. Apalagi jika persentasi bahan berbahaya di atas mendominasi pembuatan kosmetik.