Pengertian SPF, Perbedaan SPF 15, 30, dan 50+, dan Cara Menghitung SPF

Thirzaskin.com – Kita sering melihat kadar SPF pada produk sunscreen atau sunblock. SPF ini sendiri berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung. Maka tak heran jika menggunakan produk kecantikan yang mengandung SPF sangat dianjurkan sebelum pergi beraktivitas di bawah terik matahari.

Ada dua jenis radiasi sinar matahari, yaitu UVA dan UVB. Sinar UVA merupakan sinar yang paling banyak kita terima setiap hari. Sinar UVA tidaklah panas, namun, dapat merusak sel-sel kerotinosit pada kulit. Penerimaan sinar UVA yang berlebihan juga dapat memicu terjadinya kanker kulit. Sedangkan, sinar UVB hanya menyebabkan kulit memerah seperti terbakar. Sinar ini biasanya akan menyerang lapisan epidermis pada kulit.

Apa Itu SPF?

SPF singkatan dari Sun Protection Factor merupakan sebuah produk yang dirancang untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. SPF memiliki tingkatan tertentu, mulai dari SPF 15, 20, 22, dan seterusnya. Semakin tinggi level SPF pada sebuah produk kecantikan (sunblock), semakin ampuh pula produk tersebut untuk melindungi kulit Anda.

Angka SPF yang tertera pada sunblock atau sunscreen juga akan menentukan berapa lama sunblock tersebut mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Oleh sebab itu, pemilihan produk sunblock atau sunscreen yang tinggi sangatlah disarankan agar kulit tidak terbakar. Apalagi jika Anda sedang menghabiskan liburan di pantai.

Apa Perbedaan SPF 15, 30, dan 50+?

Seperti yang telah dikatakan di atas, semakin tinggi kadar SPF, semakin aman juga kulit Anda dari sengatan sinar matahari. Apabila kulit Anda hanya bisa bertahan selama 10 menit di bawah paparan sinar matahari tanpa dioleskan produk apapun, dengan penggunaan sunblock yang mengandung SPF, maka kulit Anda tidak akan mudah terbakar. Biasanya ketahanan kulit akan diperpanjang 10 kali lipat dengan penggunaan SPF sebelum akhirnya terbakar.

Misalnya:

  • Sunblock atau sunscreen yang mengandung SPF 15, maka ketahanannya menjadi 10 menit x 10 = 100 menit atau 1 jam 40 menit.
  • Sunblock atau sunscreen yang mengandung SPF 30, maka ketahanannya menjadi 30 x 10 = 300 menit atau 5 jam
  • Sunscreen atau sunblock yang mengandung SPF 50+, ketahanannya akan lebih lama, yaitu lebih dari 5 jam

Penggunaan SPF 30 dan 50+ sangat bagus digunakan bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu di luar ruangan. Jika Anda termasuk pekerja di lapangan, Anda bisa membeli produk sunblock yang memiliki SPF 50+ agar kulit tidak terbakar dan tetap terjaga kesehatannya.

Produk kecantikan dengan SPF yang tinggi sangat ampuh untuk memblokir banyak UVB. Namun, tidak ada jaminan kalau SPF dapat memproteksi kulit 100%. Artinya kulit Andabisa saja gosong apabila cuaca sedang terik-teriknya. Namun, penggunaan SPF sangat dianjurkan untuk melindungi kerusakan kulit dalam jangka waktu panjang.

Penggunaan sunblock atau sunscreen cepat hilang apabila terkena air. Hilangnya perlindungan SPF pada kulit membuat kulit rentan terhadap terpaan sinar UV. Pemakaian produk perlindungan UV juga harus diaplikasikan merata ke seluruh tubuh. Karena pemakaian yang tidak merata akan mengurangi efektivitas dan kerja dari SPF itu sendiri.

Karena sunblock atau sunscreen tidak bertahan sepanjang hari, sebaiknya Anda terus membawa produk SPF kemanapun Anda pergi. Oleskan ulang secara merata apabila kulit mulai terasa terbakar. Kalau perlu, oleskan ulang setiap kali Anda berkeringat agar kulit tetap terlindungi dari sinar UV.

Cara Menghitung SPF

Setiap kulit memiliki tingkat resistensi atau ketahanan yang berbeda-beda terhadap sinar matahari, yaitu:

  • 10 menit untuk warna kulit cerah
  • 15 menit untuk warna kulit normal
  • 20 menit untuk warna kulit gelap

Seperti yang telah dijelaskan di atas, mengukur SPF tergantung pada jenis kulitnya. Misalnya SPF 15 mampu bertahan selama 100 menit untuk kulit cerah. Namun, bertahan lebih lama yaitu 200 menit untuk orang yang berkulit gelap. Begitu seterusnya. Intinya, penggunaan SPF dapat memperpanjang resistensi kulit sebesar 10 kali lipat dari sengatan sinar UV.

Artikel Terkait : Tips Memilih Tabir Sura yang Bagus

Bersyukurlah jika Anda memiliki warna kulit gelap. Karena kulit Anda dianggap mampu untuk melawan sinar UV. Pemakaian produk SPF juga bertahan lebih lama dibandingkan mereka yang berkulit gelap. Mulailah untuk menyayangi kulit, sama seperti Anda menyayangi diri sendiri agar tidak terjadi kanker kulit di kemudian hari.

Artikel ini membahas:

  • pengertian spf
  • apa itu spf
  • Perbedaan Spf 15 dan Spf 30
  • Cara menghitung SPF
  • makna sun block
  • perbedaan spf 12 dan spf 50
  • perhitungan ketahanan spf